Semnesia – Jasa Digital Marketing Terbaik dan Terjangkau

Harga Jasa SEO di Indonesia by Semnesia

Berapa Harga Jasa SEO di Indonesia Pada Tahun 2024?

Aku telah melakukan penelitian dan menganalisis 12 penyedia jasa SEO di Indonesia. Sebenarnya berapa sih harga jasa SEO yang layak dari sisi harga dan benefit per bulannya?

Ini adalah list harga jasa SEO yang aku dapatkan per 26 Februari 2024:

PenyediaTermurahMenengahTermahal
SemnesiaRp7 jutaRp10 jutaRp15 juta
FastworkRp 100 ribuRp2,2 jutaRp7 juta
Herco DigitalRp3,8 jutaRp6,5 jutaRp14,9 juta
ExabytesRp3,4 jutaRp6,8 jutaRp10,2 juta
Tanya DigitalRp6 jutaRp10 jutaRp12 juta
ToprankRp5 jutaRp10 jutaRp50 juta
WhelloRp5 jutaRp12 jutaRp 30 juta
SribuRp500 ribuRp5 jutaRp15 juta
Jasa Ahli SEORp3 jutaRp4,5 jutaRp6 juta
DigitalmarketerRp2,5 jutaRp10 jutaRp20 juta
ToffeeDev
ResolusiwebRp750 ribuRp2,8 jutaRp36 juta
Doxadigital

Memilih jasa SEO memanglah tidak mudah. Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan seperti harga, benefit, kualitas, dll.

Fakta lapangan menunjukkan kalau para penyedia jasa SEO memasang tarif dimulai dari Rp100 ribu sampai yang termahal Rp50 juta. Tentu tiap harga memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Di sini, aku akan membantu untuk memilih jasa SEO yang cocok untuk kebutuhan bisnis kamu. Jadi kalau kamu penasaran, langsung baca artikel ini sampai habis!

Apa yang Mempengaruhi Harga Jasa SEO?

Intinya, ada banyak hal yang mempengaruhi bagaimana harga jasa SEO dibuat. Namun, berikut adalah ulasan singkat yang bisa kamu jadikan panduan:

1. Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis yang ambisius dan kompleks dapat berdampak kepada harga layanan SEO.

Alasannya cukup jelas, karena tujuan yang seperti di bawah ini akan membutuhkan biaya kampanye SEO yang besar:

  • Meningkatkan penjualan 200-300% menggunakan SEO.
  • Memperluas pangsa pasar secara nasional dan global.
  • Membuat free tools untuk menarik traffic.

Biaya akan membengkak karena strategi konten yang lebih luas, penelitian kata kunci yang lebih mendalam, dan upaya link-building yang jauh lebih intensif.

Semakin besar skala kampanye SEO, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

Namun ini bukanlah masalah. Karena SEO sudah terbukti ampuh sebagai sub bidang dari digital marketing yang memiliki ROI tinggi. Faktanya, 53% dari lalu lintas ke situs web berasal dari mesin pencari.

2. New Website Vs Old Website

Kondisi usia website memerlukan pendekatan yang berbeda dalam upaya optimalisasi SEO.

Website dengan kondisi baru mungkin memerlukan lebih banyak pekerjaan teknis dalam hal:

  • Optimalisasi struktur website.
  • Optimalisasi pengalaman pengguna.
  • Peningkatan kecepatan website.
  • Intensif link-building untuk meningkatkan otoritas.

Sementara website yang sudah lama berdiri, mungkin masalah teknisnya jauh lebih sedikit. Ini dengan catatan kalau website tersebut sudah pernah dioptimalkan ke SEO sebelumnya.

Tapi kalau kamu belum punya website atau mungkin berencana memilikinya. Aku sarankan untuk menyewa jasa pembuat website yang memahami SEO dan mampu mengoptimalkannya. Ini berguna agar kamu tidak mengeluarkan uang lebih di kemudian hari.

3. Tingkat Kompetisi

Industri yang sangat kompetitif cenderung memiliki kata kunci yang sulit untuk diperingkatkan. Kata kunci yang banyak dicari dan bersaing ketat memerlukan strategi SEO yang lebih kompleks dan intensif.

Strategi SEO untuk industri yang sangat kompetitif pasti tidak biasa. Ini tentunya menguras banyak sumber daya serta energi dari penyedia jasa layanan SEO.

Contohnya saja kata kunci “cara menurunkan berat badan“. Terdapat 41 ribu pencarian dalam sebulan.

Namun, kompetisi untuk kata kunci ini sangatlah sengit. Terdapat Siloam Hospitals, Halodoc, Alodokter, Hello Sehat dan bahkan CNN di hasil pencarian dari kata kunci ini.

Website dalam kondisi baru mungkin butuh waktu lama untuk pada akhirnya bisa mendapat peringkat di kata kunci ini. Prediksiku adalah 1 tahun atau bahkan lebih.

4. Target Pasar

Target pasar internasional akan membutuhkan strategi SEO yang lebih kompleks karena melibatkan penargetan audiens yang tersebar di berbagai negara dan bahasa.

Kompleksitas SEO yang menargetkan audiens internasional meliputi:

  • Penelitian kata kunci yang lebih rumit.
  • Tingkat kompetisi SEO internasional biasanya lebih tinggi.
  • Penyesuaian konten multibahasa.
  • Isi dan kualitas konten yang harus berstandar internasional.
  • Strategi link-building yang jauh lebih beragam.

Meskipun SEO internasional terlihat lebih rumit, bukan berarti SEO lokal tidak kalah rumitnya. Yaaa walaupun tingkatannya tidak sama, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Target pasar lokal mungkin memiliki cakupan geografis yang lebih terbatas. Namun, persaingan di tingkat lokal juga bisa sangat ketat, terutama dalam industri yang padat, seperti:

  • SEO finansial.
  • SEO kesehatan.
  • SEO layanan teknologi.
  • SEO media berita.

Setiap pasar memiliki preferensi, tren, dan kebiasaan konsumen yang unik. Oleh karena itu, strategi SEO harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik pasar yang ditargetkan.

Hal ini mungkin memerlukan penelitian pasar yang lebih dalam dan kustomisasi strategi SEO yang lebih terencana.

Semakin banyak sumber daya yang SEO agency gunakan, maka semakin besar pula pengaruhnya terhadap harga jasa SEO secara keseluruhan.

5. Tingkat Keahlian

Dari penelitian yang dilakukan Ahrefs, level tingkat keahlian berkorelasi dengan harga jasa SEO. Mungkin ada anggapan kalau pengalaman akan menentukan kualitas layanan.

Kata kuncinya adalah “korelasi”. Jadi bukan sebab-akibat. Aku yakin kalau di luar sana banyak SEO specialist yang baru belajar dan memiliki bakat. Yang mereka butuhkan saat ini hanyalah kesempatan.

Hasil penelitian Ahrefs juga menunjukkan kalau harga jasa SEO akan naik 33% jika seorang SEO specialist sudah berpengalaman selama 2 tahun. Ini mungkin disebabkan karena:

  • Pemahaman yang mendalam tentang algoritma mesin pencari.
  • Pemahaman praktik terbaik SEO.
  • Pemahaman strategi konten.
  • Pemahaman analisis data.
  • Pemahaman perubahan tren industri.

Tingkat keahlian yang tinggi seperti yang dimiliki Semnesia, akan membantu untuk mengidentifikasi peluang dan menanggapi perubahan dalam algoritma dengan lebih baik.

Jenis-Jenis Layanan SEO

Jenis layanan SEO biasanya dibagi 3. Dari yang paling murah, menengah dan termahal. Namun ada juga yang menawarkan daftar harga sampai 6 buah seperti Digitalmarketer dan 4 buah seperti Toprank.

Berikut adalah analisis terhadap harga-harga jasa SEO di Indonesia. Aku juga akan memberikan penilaian pribadi yang mungkin dapat membantu kamu dalam memilih.

1. Jasa SEO untuk Bisnis Kecil

SEO bisa digunakan untuk semua bisnis. Jadi dalam memulai SEO, kamu tidak harus menunggu untuk menjadi perusahaan besar. UMK pun tetap punya kesempatan.

Namun jangan terlena dengan harga jasa SEO yang murahan. Aku mengetik “jasa seo” di Fastwork dan aku menemukan jasa SEO termurah dengan harga Rp100 ribu.

Tapi ternyata itu hanyalah konsultasi berbayar. Padahal konsultasi SEO di Semnesia itu gratis.

Sebenarnya banyak jasa SEO yang murah tapi gak murahan. Contohnya Herco Digital yang mematok harga Rp3,8 juta untuk jasa termurahnya, dan Exabytes Rp3,4 juta.

Di sini aku menyarankan untuk para pemilik bisnis mempertimbangkan jasa SEO yang mematok tarif di atas Rp3 juta. Karena harga di bawah ini patut dicurigai.

Target yang tinggi dengan harga yang murah justru akan memaksa penyedia jasa SEO melakukan teknik blackhat yang mungkin akan berdampak buruk pada website.

Bahkan Semnesia menetapkan harga termurahnya sebesar Rp7 juta. Hal ini karena keunggulan kami terletak pada standar kualitas konten yang tinggi dan backlink yang sepenuhnya natural.

2. Jasa SEO untuk Bisnis Menengah

Menurutku, harga jasa SEO yang paling bagus ada di pertengahan. Benefit yang diberikan cukup banyak namun dengan harga yang bukan paling mahal.

Dari hasil temuanku, Whello adalah penyedia jasa SEO yang paling mahal di kategori menengah. Sementara Fastwork menjadi yang paling termurah di kategori ini.

Menurutku, jasa SEO kategori menengah yang baik itu ada di harga Rp5 juta ke atas. Karena artikel yang diterbitkan cukup lumayan dari 15-20 artikel per bulan.

3. Jasa SEO untuk Perusahaan

Kategori ini sangat beragam. Harga yang ditawarkan pun dari Rp6 juta sampai Rp50 juta. Benefit yang diberikan oleh masing-masing penyedia layanan pun bukan main.

Kategori ini tentu sangat menarik bagi pemilik bisnis. Namun, aku menyarankan untuk melakukan perbandingan dengan cermat sebelum memutuskan. Sebelum kamu memilih, perhatikan hal-hal berikut:

  • Garansi tidak mencapai target.
  • Jaminan traffic.
  • Jaminan page one.
  • Jumlah artikel yang dipublikasikan.
  • Teknik link-building.
  • Durasi kontrak.

Menurut pandanganku yang bias namun logis. Semnesia menawarkan harga jasa SEO termahalnya Rp10 juta namun dengan benefit yang luar biasa.

Di Indonesia, terdapat satu agensi SEO besar yang menetapkan harga jasa SEO sebesar Rp50 juta. Namun, manfaatnya sebanding dengan jasa SEO dari Semnesia yang hanya Rp15 juta.

Mengetahui Kelayakan Harga Jasa SEO

Untuk mengetahui kelayakan harga jasa SEO, kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor:

  1. Lakukan riset pasar untuk memahami kisaran harga yang umum.
  2. Pelajari layanan yang ditawarkan oleh penyedia jasa SEO.
  3. Pastikan benefit layanan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.
  4. Pertimbangkan juga reputasi dan portofolio.
  5. Pastikan bahwa harga yang ditawarkan sebanding dengan hasil yang diharapkan.

Biaya layanan SEO bisa bervariasi tergantung pada kompleksitas proyek dan cakupan layanan yang dibutuhkan. Maka kamu juga harus memahami tujuan dari kampanye mu.

Sejauh ini, aku belum bisa menemukan penelitian tentang kisaran biaya yang biasanya dikeluarkan bisnis untuk layanan SEO di Indonesia.

Bolehlah kita asumsikan kalau UMR Jakarta (Rp5 juta) adalah biaya minimum yang layak dikeluarkan untuk jasa SEO. Dengan catatan, harga ini sudah termasuk alat SEO profesional.

Manfaat SEO Bagi Bisnis

SEO memiliki manfaat seperti meningkatkan visibilitas dalam hasil pencarian. Mesin pencari juga terkenal memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi dibandingkan saluran digital lainnya.

Hal ini karena orang yang mencari produk di Google dikategorikan sebagai “actively engaged”. Ini karena intensi pencarian adalah untuk mencari hal yang spesifik.

Jika orang mengetik “sepatu lari terbaik” di mesin pencari, maka orang tersebut berekspektasi melihat list sepatu lari terbaik, bukan list sepeda gunung terbaik.

Dengan bekerja sama dengan agensi yang tepat, SEO dapat membawa nilai jangka panjang bagi sebuah bisnis.

Untuk menilai apakah biaya SEO layak, kamu bisa menghitung ROI dengan melihat kemajuan yang telah dicapai sejak memulai layanan SEO vs sebelum memulai layanan SEO:

  • Jumlah prospek setelah SEO vs sebelum kampanye SEO.
  • Jumlah penjualan setelah SEO vs sebelum kampanye SEO.
  • Jumlah pencarian organik setelah SEO vs sebelum kampanye SEO.

Cara Menentukan Budget SEO

Untuk menentukan berapa biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menyewa jasa SEO, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan supaya kamu tidak merugi.

  1. Lihatlah di mana posisi website kamu saat ini dibandingkan dengan pesaing.
  2. Selanjutnya, tentukan seberapa cepat kamu ingin melihat hasilnya.
  3. Seimbangkan antara harapan dan realitas.

Banyak pemilik bisnis tidak memahami bagaimana pemasaran search engine bekerja. Terkadang, mereka tertarik dengan jasa SEO murah yang pada akhirnya tidak memberikan hasil memuaskan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan kualitas layanan yang ditawarkan dan potensi risiko yang bisa terjadi. Seperti kemungkinan hukuman dari Google akibat taktik SEO yang tidak etis.

Menurut Search Engine Journal,

“Lebih dari setengah bisnis kecil tidak memiliki anggaran untuk SEO. Namun, bisnis yang mau mengalokasikan lebih dari $500 per bulan cenderung 53.3% lebih puas dengan hasilnya.”

Kamu harus merencanakan anggaran berdasarkan tujuan kampanye. Contohnya seperti peningkatan sesi organik, kesadaran merek, konversi, dan pendapatan.

Pastikan juga kamu memiliki waktu yang cukup untuk mengevaluasi kesuksesan kampanye SEO. Sebaiknya anggaran kamu mencukupi untuk minimal enam hingga dua belas bulan.

Kesimpulan

Pada akhirnya, para pemilik bisnis seperti kamu, bertanggung jawab atas keputusan dalam memilih penyedia jasa SEO.

Penting untuk memilih dengan bijaksana dan hati-hati karena ini akan memengaruhi jalannya pemasaran dan kesuksesan bisnis di masa depan. Hindarilah godaan menyewa jasa SEO murah dan pertimbangkan dengan lebih kritis pilihan yang lebih mahal.

Sebagai tambahan, aku memiliki blog tentang digital marketing yang mungkin dapat membantu kamu memahami lebih dalam tentang strategi pemasaran online. Blog ini berisi berbagai tips, trik, dan informasi terbaru seputar dunia digital marketing, termasuk SEO.

Jangan ragu untuk mengunjungi blog ini dan pelajari lebih banyak tentang bagaimana kamu dapat meningkatkan kehadiran online bisnismu.

Scroll to Top